Proses Pembuatan Pondasi Pada Tanah Kavling, Harus Benar!

Proses Pembuatan Pondasi Pada Tanah Kavling, Harus Benar!

Pernahkah Anda mendengar istilah tanah kavling siap bangun? Perlu Anda ketahui bahwa tanah yang dimaksud berarti sudah dibuatkan struktur pondasi dasar sehingga lebih mempermudah proses pembangunan bangunan di atas lahan tersebut.

Contohnya developer RBM (Rahman Berkah Mandiri), beberapa lokasi tanah kavling yang kami tawarkan sudah termasuk pembuatan pondasi batu kali untuk mempermudah pembangunan rumah milik klien.

Nanti kita akan bahas sebenarnya apa itu fondasi batu kali beserta prosedur membuatnya. Namun, sebelum membahas hal tersebut tidak ada salahnya untuk memahami terlebih dahulu penjelasan umum mengenai istilah tukang, yakni “Pondasi bangunan”, sehingga Anda bisa lebih tahu mengenai fungsi dari bagian ini.

Karena, membuat pondasi itu tidak bisa asal jadi. Harus diperhitungkan dengan baik karena bagian tersebutlah yang nantinya akan menjadi penentu apakah rumah Anda mempunyai konstruksi kokoh atau malah gampang roboh.

Apa Itu Pondasi?

Pondasi adalah struktur konstruksi dasar yang berfungsi meneruskan beban menuju lapisan tanah pendukung di bagian bawahnya. Semua bangunan yang berdiri dengan kokoh pasti mempunyai pondasi yang kuat.

Jenis fondasi untuk mendirikan bangunan berupa hunian/rumah cukup beragam. Ada yang dilakukan dengan manual seperti pembuatan pondasi tanah kavling tipe batu kali, hingga teknologi alat berat seperti pondasi bore pile.

Membicarakan hal teknis seperti ini memang lebih baik dilakukan bersama kontraktor bangunannya langsung. Karena, harus ada penyesuaian terlebih dahulu dengan kondisi lahan.

Misalnya, Anda ingin membangun rumah di lahan bekas sawah, Tentu mandor konstruksinya harus cek langsung ke lokasi untuk menentukan tipe pondasi seperti apa yang tepat untuk digunakan, sehingg bangunan bisa kokoh berdiri dan tidak ada kendala.

Berbicara mengenai pondasi yang dipilih, secara umum dalam dunia tanah kavling ada dua jenis pondasi yang banyak digunakan yakni batu kali dan ceker ayam. Daripada Anda semakin penasaran langsung simak saja penjelasan berikut.

Pondasi Batu Kali Tanah Kavling

Melihat dari definisinya, batu kali adalah jenis pondasi umum yang dibuat dari struktur batu kali dengan susunan rapi dan teratur.

Developer tanah kavling banyak yang menawarkan pondasi batu kali sebagai salah satu pilihan utama karena dengan begitu lokasi lahan bisa dikategorikan “siap bangun” kapan saja.

Dari segi pembuatan, pondasi yang satu ini terbilang cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan 4-5 tenaga tukang yang ahli di bidang rancangan pondasi tanpa memerlukan alat yang canggih pondasi batu kali tetap bisa dibangun dengan lancar.

Kemudian, dari segi cost atau biaya perancangan pondasi yang satu ini juga terbilang hemat. Karena, bahan materialnya yang cukup sederhana batu kali bisa didapatkan dengan mudah di semua daerah.

Sisanya alokasikan untuk membuat adukan semen dengan mutu yang bagus supaya pondasinya juga kuat.

Proses dan Tahapan Pembuatan Pondasi Batu Kali

Tertarik untuk menjadikan batu kali sebagai pondasi rumah? Anda bisa cek dulu tahapan pembuatannya sebagai referensi dan pengetahuan.

1. Persiapan

Pekerja akan merencanakan kedalaman tanah yang akan digali, menyesuaikan dengan lahan kavling yang Anda punya. Mereka juga perlu mengecek bahwa batu kali yang dibeli memang berkualitas bagus. Tidak lupa, mutu semen juga diperhatikan untuk membuat adukan yang padat.

2. Penggalian Tanah

Setelah mempersiapkan semua kebutuhan pondasi batu kali, pekerja akan mulai menggali tanah sesuai dengan kebutuhan pondasinya. Tentunya, sisa tanah galian akan dibuang supaya tidak menganggu proses perencanaanya.

3. Urugan Pasir

Kemudian, pekerja akan meratakan pasir urug yang terdapat pada dasar galian tanah. Kemudian menyiramnya dengan air untuk pemadatan. Adapun alat yang digunakan untuk memadatkan pasir urug yaitu stamper atau bisa juga dilakukan manual.

4. Pasang Pondasi Batu Kali

Selanjutnya, pembuatan profil pondasi. Setiap bagian tersebut akan dipasangi patok batu di bagian ujung lajur pondasi. Tidak lupa, pekerja juga akan memasang bagian bilah batu datar tingginya menyesuaikan kedua patok.

Posisi profil dipasang tegak lurus dan bagian bidang atas profil dasar disesuaikan dengan peil pondasi. Kemudian, bagian profil akan diikat pada bilah dasar untuk selanjutnya dipaku supaya lebih kuat.

Lebih lanjut, pemasangan inti batu kali diawali dengan memasang benang pada sisi luar profil dengan tinggi sekitar 25 cm dari permukaan pasir.

Pekerja yang lain akan menyiapkan aduan semen, sisanya menyusun batu di atas lapisan pasir tanpa adukan. Kemudian, bagian celah batu akan diisi pasir guna menutupi rongga.

Lalu, pasang batu kali dengan adukan sesuai dengan ketinggian benang yaitu 25 cm. Pastikan adukan tersebar merata, lalu tunggu sampai strukturnya padat. Pengerjaan pondasi sebaiknya dilakukan saat cuaca yang cerah sehingga proses pemadatan juga lebih cepat.

Kelebihan Pondasi Batu Kali, Kenapa Banyak yang Memilihnya?

Ada beberapa alasan kenapa banyak orang yang memilih struktur pondasi ini untuk pembuatan rumah, berikut beberapa keunggulan pondasi batu kali yang perlu Anda ketahui:

  • Awet dan tahan lama
  • Hemat waktu pengerjaan
  • Pengeluaran biaya yang lebih murah
  • Mampu meminimalisir adanya kebocoran
  • Apabila disusun dengan baik mampu bertahan kokoh hingga bertahun-tahun

Adapun untuk beberapa kekurangan dari pondasi batu kali yaitu: Adanya potensi menimbulkan retakan, cengkraman kurang kuat, tidak disarankan untuk pondasi rumah bertingkat.

Perlu Anda ketahui batu kali bukan satu-satunya jenis pondasi yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Ada satu lagi fondasi yang bagus untuk konstruksi rumah, yaitu pondasi ceker ayam.

Seperti apa teknis pembuatannya? Berikut sekalian kami bagikan informasinya juga.

Pondasi Cakar Ayam Tanah Kavling

Pondasi cakar ayam merupakan struktur konstruksi asli Indonesia. Alasan utama kenapa konstruksi yang satu ini disebut seperti kaki hewan unggas karena di bagian bawahnya terdapat pipa-pipa beton yang mirip seperti cakar ayam. Fungsinya yaitu untuk mencengkram tanah dengan kuat agar bangunan bisa berdiri kokoh.

pondasi cakar ayam pada tanah kavling

Proses dan Tahapan Pondasi Cakar Ayam

Teknis pembuatan pondasi ini sangatlah rumit tidak seperti pondasi batu kali. Adapun sebagai gambaran dasar berikut proses pembuatan fondasi cakar ayam.

  • Tukang akan melakukan penggalian tanah menyesuaikan kebutuhan, umumnya 30 cm sampai dengan 50 cm
  • Kemudian, mereka akan membuat lubang dengan jarak 2,5 meter dengan diameter 80 – 120 cm. Adapun untuk kedalamannya sekitar 1,2 meter. Bagian inilah yang nantinya akan berfungsi sebagai cakar.
  • Awas, jarak antara buis beton bertulang dan plat harus diperhatikan. Sebagian kontraktor berpendapat 200 – 250 cm adalah acuan yang tepat. Adapun plat beton yang digunakan sebaginya mempunyai ukuran 10 – 20 cm. Kemudian, untuk pipa buis beton setidaknya mempunyai diameter 120 cm dengan ketebalan 8 cm. Untuk panjangnya lebih kurang dibuat 150 sampai dengan 250 cm

Kelebihan Fondasi Cakar ayam

Selain mengetahui gambaran proses pembuatan pondasi tanah kavling, tentu Anda juga ingin mengetahui kelebihan seperti apa yang mampu ditawarkan dengan memilih jenis pondasi tanah kavling yang satu ini. Berikut kami sudah cantumkan beberapa poin utamanya:

  • Cocok digunakan untuk semua lahan, terutama lahan bekas sawah
  • Membuat bangunan berdiri lebih kokoh dan aman
  • Tidak memerlukan sistem drainase

Terlepas dari keunggulan di atas, pondasi tanah kavling dengan cakar ayam juga mempunyai beberapa kekurangan seperti: biaya yang lebih mahal, proses harus dikerjakan oleh kontraktor yang ahli, durasi proyek lebih lama.

Itu dia informasi mengenai proses pembuatan pondasi tanah kavling, semoga bisa memberikan sedikit gambaran bagi yang mau bangun rumah dalam waktu dekat atau 10 tahun lagi dari sekarang. Jangan lupa untuk mengurus Persetujuan Bangunan Gedung sebelum membangun rumah yang baru ya.

Sebagai informasi, lokasi kavling di Kabupaten Bekasi masih ready beberapa tempat. Langsung saja hubungi admin kami apabila berminat untuk melakukan investasi jangka panjang di bidang properti.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *