Cara Cek Sertifikat Tanah Secara Online Di Aplikasi Sentuh Tanahku, Gampang!

Cek sertifikat tanah melalui online sekarang bisa dilakukan dengan mudah. BPN membuat aplikasi Sentuh Tanahku, untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin mengecek proses pengajuan sertifikat, plot bidang, dan berbagai layanan lainnya yang berkaitan dengan pertanahan.

Mengingat ini adalah layanan baru, mungkin masih ada sebagian dari pembaca yang belum paham dengan fungsi dari aplikasi Sentuh Tanahku. Oleh karena itu, admin akan membagian panduan lengkap untuk cek sertifikat tanah melalui aplikasi ini.

Tidak Sampai 10 Menit Begini Cara Cek Sertifikat Tanah Di Aplikasi!

Langkah ini terbilang sangat mudah, pastikan dulu Anda sudah terhubung ke internet lalu unduh aplikasi bernama “Sentuh Tanahku” , yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Adapun untuk ukuran aplikasinya sendiri sekitar 75 MB. Apabila sudah terinstall, silahkan ikuti panduan berikut.

daftar akun sentuh tanahku

1. Pertama,silahkan buka aplikasi sentuh tanahku. Lalu, klik pada bagian “Daftar Sekarang”

2. Kemudian, akan muncul informasi data umum seperti nama lengkap, username, email, dan kata sandi. Lengkapi informasi yang tertera, lalu klik tombol “Daftar” di bagian bawah. Jangan lupa untuk mengizinkan akses lokasi GPS pada tahap ini ya.

Catatan: username adalah nama panggilan, apabila saat klik daftar ternyata ada error, maka Anda perlu menggantinya dengan nama yang lebih panjang

3. Setelah itu, aplikasi akan menginformasikan bahwa pendaftaran berhasil. Anda perlu membuka email yang sebelumnya sudah didaftarkan untuk menerima link verifikasi.

4. Lalu, buka aplikasi/akun email di web. Cek pada bagian inbox atau spam untuk menemukan pesan verifikasi. Setelah ketemu, klik pada bagian “Konfirmasi akun Anda”, untuk  melanjutkan prosesnya

5. Setelah akun berhasil terverifikasi, maka selanjutnya Anda bisa buka kembali aplikasi Sentuh Tanahku untuk melakukan login. Isi kolom username dan password lalu klik “Login”

6. Tunggu loadingnya selesai, Anda akan masuk ke halaman utama aplikasi sentuh tanahku. Silahkan klik bagian “Cari” untuk mengetahui progress pengurusan berkas sertifikat yang sedang diajukan

7. Kemudian, Anda bisa mengisi kembali informasi yang muncul pada layar. Berikut penjelasannya.

  • Kantor : lokasi BPN kabupaten kota tempat di mana Anda mendapatkan tanah tersebut, contoh: Kantor BPN Kabupaten Bekasi
  • Nomor Berkas: Angka yang ditentukan menurut nomor registrasi
  • Tahun: Disesuaikan menurut pengajuan berkas
  • PIN : informasi terdiri dari angka sembilan digit

Catatan: Informasi nomor berkas dan PIN terletak di bagian bawah samping QR code pada surat tanda terima dokumen.

8. Setelah informasi sudah terisi semua, maka klik pada bagian “Cari Berkas” , nanti akan muncul informasi lengkap berkaitan dengan sudah sejauh mana pengurusan sertifikat atau berkas yang Anda ajukan.

hasil cari berkas

Dengan adanya fitur ini memungkinkan siapa saja untuk mengecek kebenaran pengurusan sertifikat, sehingga bisa terus terpantau. Apabila ditemukan kejanggalan atau sudah ditunggu lama tapi masih belum terbit juga maka Anda berhak untuk menanyakan langsung dengan menghubungi kontak kantor BPN yang tertera.

Panduan Cek Bidang Tanah yang Tercantum Di SHM

Selain fitur cari berkas, di aplikasi sentuh tanahku juga terdapat layanan cek bidang tanah sekaligus memastikan bahwa tanah yang tercantum di sertifikat hak milik sudah terdata di sistem BPN.

Baca juga: Apa Itu SHM Tanah Kavling? Bahas Tuntas Sekaligus Pengurusanya!

Bagaimana cara mengeceknya? Mudah, hampir sama dengan cara sebelumnya, lebih lengkap ikuti panduan berikut.

1. Pertama, buka kembali ke halaman utama aplikasi sentuh tanahku, lalu pilih fitur “Lokasi Bidang”, sebelah kanan fitur yang pertama.

2. Setelah itu, Anda diharuskan mengisi kembali beberapa data. Untuk jenis hak bisa disesuaikan. Pilih hak milik apabila dokumen yang Anda punya adalah SHM. Adapun untuk nomor hak sertifikat tercantum pada lembar kedua di bawah lambang garuda, terdiri dari empat digit.

3. Kemudian, klik pada bagian “Cari bidang lokasi” , nanti sistem akan menunjukan lokasi bidang tanah Anda secara langsung. Apabila muncul pop up, pilih saja “Setuju”

Catatan: Apabila informasi tanah muncul dan sesuai dengan penjelasan di sertifikat, maka kepemilikan tanah Anda sudah sah dan valid. Apabila terdapat ketidaksesuaian atau informasi tidak muncul maka Anda wajib lapor ke BPN untuk dilakukan pengecekan.

Fitur cari bidang lokasi Aplikasi Sentuh Tanahku:

Zoom in/Zoom out: tombol ini terletak di bagian pojok kanan layar dengan lambang (+) dan (-)

Rute: Dengan mengklik ini maka pengguna akan diarahkan langsung ke aplikasi Google Maps untuk mengecek kesesuaian titik koordinat dari tanah yang sedang dicek

ZNT (Zona Nilai Tanah): Untuk mengetahui perkiraan harga jual tanah

RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) : Untuk mengetahui fungsi dan kegunaan lahan bisa berupa lahan untuk bangun hunian, lahan hijau, dan sebagainya

Kendala yang Muncul Pada Aplikasi Sentuh Tanahku dan Cara Mengatasinya

Aplikasi ini masih terus ditingkatkan fungsinya oleh pihak BPN dari pemerintah. Beberapa orang mengatakan aplikasi sentuh tanahku tidak bisa digunakan atau error, berikut ini kami jelaskan permasalahan yang sering muncul dan cara menyelesaikannya.

1. Tidak Bisa Menginput Password/Kata Sandi

Jika Anda mengalami kendala ini, maka cobalah untuk menggunakan kata sandi minimal 8 digit dengan variasi huruf besar, kecil, dan juga angka. Untuk membuat kata sandi yang lebih kuat, pengguna juga diperbolehkan untuk menggunakan gabungan tanda titik. Pastikan koneksi internet lancar lalu lanjutkan proses pendaftaran akun sentuh tanahku.

2. Link Verifikasi Email Tidak Muncul

Ada dua kemungkinan yang menyebabkan hal ini terjadi. Pertama, sistem BPN mungkin sedang sibuk atau dalam perbaikan. Kedua, Anda salah dalam menginput nama email. Silahkan dicek ulang, perlu diingat dari sistem tidak mengirimkan kode melainkan tombol verifikasi langsung. Pastikan juga email yang Anda gunakan adalah alamat email umum seperti @gmail, @outlook, dan sebagainya.

3. Tidak Bisa Menggunakan Fitur Cari Bidang Lokasi

Pastikan untuk menyalakan izin lokasi terlebih dahulu, umumnya akan ada pop up “Izinkan”, apabila tidak ada notifikasi seperti itu maka Anda perlu mengizinkan secara manual. Pergi ke bagian aplikasi, pilih sentuh tanahku, lalu pada perizinan lokasi pastikan sudah aktif. Setelah itu, coba buka kembali fitur cari bidang untuk melihat apakah masalah sudah terselesaikan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara cek sertifikat tanah secara online, langkahnya cukup mudah dan praktis.

Barangkali Anda berminat untuk membeli tanah kavling di Kabupaten Bekasi kami masih menyediakan beberapa lokasi strategis yang bisa dipilih. Pembayaran bisa cash atau kredit sesuai keinginan.

Informasi lebih lengkap cek kredit kavling Karang bahagia Bekasi. Cicilan mulai dari 1 jutaan per bulan, pasti dapat SHM dan balik nama. Pengurusan sertifikatnya gratis!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *