Beli Tanah Kavling Bagusnya Cash Atau Kredit? Ini Jawabannya!

Beli Tanah Kavling Bagusnya Cash Atau Kredit? Ini Jawabannya!

Saat hendak membeli tanah Anda akan dihadapkan oleh dua pilihan yang sulit yakni beli tanah kavling cash atau kredit saja.

Bagian yang dipertimbangkan adalah ketersediaan budget yang ada saat ini dan juga memikirkan besaran bunga yang perlu dibayarkan untuk beberapa tahun mendatang(jika sistemnya kerjasama dengan bank).

Hal semacam ini memang penting untuk Anda perhatikan, supaya tidak salah langkah dan perhitungan. Memaksakan untuk membeli tanah bekas bangunan di pusat kota dengan kondisi pendapatan yang tidak stabil sangatlah berisiko.

Kalau salah sasaran bisa-bisa Anda akan terlilit oleh hutang dan kondisi finansial menjadi berantakan tidak terarah. Nah, supaya hal semacam itu tidak terjadi mari kita cek dulu sebenarnya apa saja yang harus dicek saat mempertimbangkan antara pembelian tanah cash dan kredit.

Keunggulan Membeli Tanah Kavling Secara Cash

Pertama adalah menimbang kelebihan yang akan Anda peroleh jika melakukan pembelian tanah kavling secara cash secara penuh. Metode pembayaran ini umumnya hanya dilakukan oleh seseorang yang sudah menabung dalam waktu yang lama.

Cara Membangun Rumah Di Tanah Bekas Sawah Terjamin Aman

Jadi, meskipun pembelian tanah dilakukan mereka masih mempunyai uang cadangan untuk keperluan sehari-hari.

Tentunya ditunjang dengan kepemilikan bisnis atau bekerja secara tetap di perusahaan tertentu. Berikut ini beberapa keunggulan yang didapat jika membeli tanah secara cash.

1. Tidak Terbebani Cicilan Setiap Bulan

Jika Anda membeli barang secara cash, itu artinya cukup bayar sekali saja. Tidak ada pembayaran lainnya. Sehingga dengan begitu Anda tidak perlu pusing memikirkan cicilan tiap bulan. Terdengar sangat praktis dan mudah.

2. Tidak Dikenakan Biaya Perawatan

Biasanya ketika membeli tanah secara kredit  itu akan dikenakan biaya tambahan untuk perawatan lahan. Meskipun belum digunakan tanah harus tetap dirawat. Berbeda dengan beli cash, yang sudah pasti itu menjadi tanggung jawab si pembeli sehingga untuk perawatannya bisa dilakukan sendiri.

3. Tidak Menanggung Suku Bunga

Apabila membeli tanah dengan sistem kredit bank, biasanya akan dikenakan tambahan bunga. Hal tersebut tentu akan menjadi beban Anda karena jika tidak bisa membayarnya dengan tepat waktu, maka bunga akan terus bertambah. Jika Anda merasa tidak siap untuk menyetorkan angsuran secara tepat waktu maka lebih baik menunggu uang terkumpul lalu membelinya secara cash.

Lantas adakah kekurangan beli kavling dengan sistem cash?

Sayangnya ada, seperti yang sudah kami sebutkan bahwa metode ini hanya bisa disarankan untuk orang yang sudah mempunyai banyak simpanan di tabungannya. Apabila kondisi finansial Anda sedang tidak stabil sebaiknya hindari pembayaran cash.

Dikhawatirkan uang yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari akan terhambat dan membuat Anda perlu berhutang ke pihak ketiga.

Keunggulan Membeli Tanah Kavling Secara Kredit

Selain cash, pembelian kavling juga bisa dilakukan dengan sistem kredit. Sistem pembayaran ini juga ada untung ruginya. Jadi pastikan bapak/ibu memperhatikan dengan baik sebelum melakukan pembelian tanah kavling dengan sistem ini

Booking Tanah Kavling 500 ribu Cicilan Flat 5 Tahun? Simak Infonya!

1. Adanya Keringanan Waktu

Pembayaran dalam jumlah besar tidak dilakukan dalam satu waktu, sistem kredit memungkinkan masyarakat untuk menyisakan pendapatan bulanan dari bisnis atau gaji mereka untuk menyetorkan uang untuk pembayaran kavling. Umumnya diberlakukan sistem 1 kali angsuran tiap bulannya pada tanggal yang telah disepakati.

2. Keringanan Pembayaran

Keunggulan utama dari sistem bayar kredit adalah keringanan angsurannya. Alih-alih menyetorkan uang 50 juta secara kontan, masyarakat yang butuh tanah kavling bisa mencicilnya sebulan setor 1.2 juta saja dengan tenor yang menyesuaikan kebijakan developer tanah atau kesepakatan kedua pihak. Pembayaran yang dicicil seperti ini memang terbukti lebih ringan, tentu asalkan bunganya rendah syukur-syukur bisa 0 persen.

3. Persyaratan Semakin Dipermudah

Dulu pembayaran dengan sistem kredit sulit, namun tidak berlaku untuk hari ini. Karena persyaratannya semakin mudah dan bisa diurus cepat. Anda cukup mengikuti arahan dari developer tanah biasanya dokumen yang dibutuhkan itu KTP, KK. Selain itu kadang ada juga yang minta slip gaji tergantung pengembang di daerah Anda.

Tapi, ngomong-ngomong apakah ada kekurangan beli tanah kavling sistem kredit?

Ada, jika yang Anda maksud adalah kredit bank maka perlu dilakukan BI checking, proses ini dan itu. Kemudian untuk bunga bank juga sebenarnya tidak menentu tergantung kondisi perekonomian global, bisa naik sampai nilai yang mencekik. Jadi harus lebih matang lagi pertimbangannya kalau mau ambil tanah kavling kredit.

Ituah beberapa keunggulan dari membeli tanah kavling cash maupun kredit yang bisa menambah informasi Anda. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi gambaran apabila  Anda akan membeli tanah.

Mau dengan cash atau kredit sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda ya. Jangan memaksakan juga ketika ingin beli tanah kavling namun uangnya tidak cukup. Walaupun bisa menggunakan sistem kredit, Anda perlu melihat keadaan ekonomi selanjutnya bagaimana.

Jangan sampai nanti cicilan berhenti ditengah jalan sehingga akan menimbulkan masalah. Pastikan perhitungan Anda dalam mengambil angsuran sudah tepat.

Membeli tanah kavling cash juga sama, perlu melihat kondisi keuangan Anda. Jika dirasa uang yang ada akan dipakai untuk kebutuhan lainnya yang lebih penting dan mendesak, jangan paksakan beli secara cash.

Solusi Beli Tanah Kavling Cash Atau Kredit Aman Sentosa Tanpa Bunga

Mau beli tanah kavling kredit atau cash tanpa khawatir? Langsung kontak Bapak Rahman, owner CV. Rahman Berkah Mandiri salah satu developer kavling terpercaya di wilayah Bekasi. Kami menyediakan pembelian tanah kavling dengan sistem cash dan kredit.

Pilih cash atau kredit keduanya sama-sama untung. Kok bisa? Tentu saja, di tempat kami tidak ada sistem BSD (Bunga, Sita, Denda). Aman terjamin, buktikan sendiri dengan melakukan konsultasi bersama owner kavlingnya.

Apabila Anda mengambil sistem kredit, maka tidak perlu dilakukan BI checking, bunga 0 persen, bahkan beberapa lokasi kavling kami ada yang bisa tanpa uang muka.

Harga tanah kavlingnya juga relatif standar tidak kemahalan. Kalau nunggu nanti justru harganya bisa naik karena setiap tahunnya semakin banyak yang butuh tanah untuk bangun rumah, tempat usaha, dan lain sebagainya

Baca juga: 5 Faktor Utama yang Mempengaruhi Harga Tanah Kavling

Daripada semakin penasaran lebih baik langsung konsultasi dulu dengan admin kami. Tanya jawab seputar kavling tidak dipungut biaya. Bahkan pemecahan SHM dan balik nama ke customer juga akan diurus tuntas oleh tim kami yang sudah profesional.

Berikut ini kami sertakan beberapa foto tanda tangan AJB (Akta Jual Beli) antara tim Rahaman Berkah Mandiri dan pelanggan di kantor resmi kami yang berlokasi di Kecamatan Karang Bahagia.

BPN dan PPAT Kenali Dua Lembaga Ini Supaya Paham Legalitas Tanah!

Untuk informasi harga tanah kavling bekasi bisa langsung menghubungi kami atau baca-baca dulu di artikel yang sudah kami sediakan. Miliki tanah kavling di Bekasi sekarang juga, ingat ketersediaan kavling ini terbatas!

1 komentar untuk “Beli Tanah Kavling Bagusnya Cash Atau Kredit? Ini Jawabannya!”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *