5 Tips Jitu Membeli Tanah Kavling Agar Tidak Tertipu

5 Tips Jitu Membeli Tanah Kavling Agar Tidak Tertipu

Mempunyai rumah yang nyaman, lingkungan asri, fasilitas lengkap tentunya menjadi impian semua orang. Baik dengan membeli langsung ataupun mencicil tanahnya  terlebih dahulu kemudian baru memulai proses pembangunan bisa menjadi alternatif yang layak Anda coba.

Terlepas dari hal itu, kepemilikan tanah sudah banyak dikenal sebagai bagian dari investasi sektor properti yang cukup menjanjikan. Melihat kondisi yang ada harganya terus melambung tinggi setiap tahunnya.

Salah satu bagian dari bisnis properti yang saat ini banyak diburu oleh masyarakat Indonesia adalah tanah kavling. Banyak yang menyebut bahwa sistem pembelian tanah ini menawarkan harga yang lebih terjangkau daripada rumah tapak dan apartemen.

Definisi dari tanah kavling sendiri adalah tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu untuk guna keperluan mendirikan berbagai bangunan seperti tempat tinggal, kontrakan, dan ruko. Bahkan ada yang menyewakannya untuk lahan parkir ataupun pertanian.

Untuk saat ini penawaran tanah kavling sudah meluas dan dapat Anda jumpai di berbagai tempat. Perlu dipahami bahwa semakin strategis posisi tanahnya maka, harga akan lebih tinggi.

Pada umumnya tanah kavling disediakan oleh pihak developer. Mereka mempunyai suatu kawasan di daerah tertentu kemudian menawarkannya kepada masyarakat barangkali ada yang sedang butuh tanah untuk keperluan tertentu.

Apabila Anda berniat untuk membeli tanah kavling, pastikan untuk teliti. Karena, banyak oknum nakal yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan menjual kavling hasil sengketa. Tentunya ini sangat berisiko, mengingat nilai rupiah yang Anda keluarkan sama sekali tidak sedikit.

Cara yang Dapat Dilakukan Untuk Mencegah Penipuan Tanah Kavling

Oleh karena itu, sebelum membeli tanah kavling dengan harga miring sebaiknya Anda cek dulu kelengkapan terkait legalitas, kredibilitas developer, dan sebagainya. Informasi lebih lengkap akan kami jelaskan pada beberapa kelima poin utama di bawah ini.

1. Mencari Informasi Pada Situs Terpercaya

Tips membeli tanah kavling yang pertama adalah dengan mencari infomasi tentang lahan yang akan dibeli lewat situs terpercaya. Situs yang kredibel umumnya menggunakan domain berbayar(bukan gratisan), informasi yang ada pada website juga jelas dan informatif mengenai lokasi kavling, keunggulan,testimoni dan sebagainya.

Sehingga sebelum melakukan peninjauan ke lokasi Anda sudah mendapatkan banyak arahan. Setelah itu Anda bisa membuat daftar tanah yang diminati mulai dari lokasi, harga, hingga luas tanah. Jika ingin tahu lebih lanjut bisa menghubungi developer kavlingnya terlebih dahulu.

Penyedia yang profesional pasti akan merespons Anda dengan segera dan bersedia menjelaskan lebih lanjut mengenai kavling yang mereka tawarkan.

2. Cek Lokasi dan Kondisi Tanah Kavling

Setelah mendapatkan informasi, jangan terburu-buru melakukan transaksi sebelum Anda tahu kondisi tanah kavlingnya. Datanglah langsung ke tempatnya untuk melakukan survei.

Perhatikan apakah kondisi tanahnya sudah siap bangun dan hindari kontur yang miring. Cek pula ketersediaan sumber mata air dan adanya instalasi listrik di wilayah sekitar tanah kavling tersebut.

Selain itu, pastikan sudah ada akses jalan yang memungkinkan untuk truk masuk ke lokasi sehingga mempermudah proses pembangunan. Karena, kavling tanpa akses jalan akan menyulitkan Anda saat mendirikan bangunan.

3. Periksa Kelengkapan Sertifikat dan Kredibilitas Developer

Mengecek dokumen sangatlah penting ketika Anda ingin membeli tanah kavling. Karena banyak kasus penipuan yang terjadi dan sumber masalahnya adalah karena tanah hasil sengketa hak milik, warisan, sitaan, atau bahkan tanah fiktif.

Tips membeli tanah kavling yang aman yaitu dengan mengecek dokumen-dokumen pendukung seperti alamat, letak, perizinan RT/RW hingga mencari tahu batasan petak tanah kepada pihak pengelola.

Salah satu dokumen yang harus Anda cek adalah SHM atau Sertifikat Hak Milik yang menjadi bukti adanya kepemilikan tanah. Namun jika SHM belum ada, Anda bisa menanyakan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) atas tanah tersebut. Pastikan pengelola tanah mempunyai hak milik atas lahan kavling.

Selain mengecek berbagai dokumen, Anda juga perlu memeriksa identitas penjualnya. Apakah nama yang tetera pada sertifikat sama dengan yang ada di kartu identitasnya atau tidak.

Supaya lebih aman lagi Anda bisa mengecek kebenaran sertifikat tanah ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) sekitar dengan membawa fotokopiannya. Karena marak yang terkena kasus penipuan jual beli tanah kavling menggunakan sertifikat palsu.

4. Mengecek Luas dan Batasan Tanah Kavling

Banyak orang yang terjebak ketika membeli tanah karena luas dan batas tanah yang tidak sesuai. Oleh karena itu, Anda harus memastikan luas yang tercantum pada sertifikat sama dengan kondisi di lapangan. Hal ini sangat penting untuk mengindari adanya kerugian dan kesalahpahaman.

Selain itu, jangan lupa untuk mengecek batasan lahan. Karena dengan mengetahui batas tanah itu akan menjadi pedoman mengenai ukuran tanah yang akan Anda pergunakan nanti.

5. Menyesuaikan Budget dan Buat Surat Akad Jual Beli

Tips yang terakhir ketika membeli kavling tanah adalah dengan menyesuaikan budget dan kemampuan finansial Anda. Jika membelinya dengan kredit, maka perkirakan sampai berapa lama angsuran yang akan Anda bayar. Diskusikan hal ini dengan pihak developer tanah untuk mendapatkan saran terbaik.

Nah, apabila Anda sudah memperhitungkan budget atau cicilan dengan benar maka proses transaksi bisa dilakukan. Jangan lupa untuk membuat surat akad jual beli sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk hal ini umumnya akan dibantu oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah atau PPAT.

Sudah siap berinvestasi di bidang properti dan lahan?

CV Rahman Berkah Mandiri (RBM)melayani jual tanah kavling Bekasi. Ada 7 titik lokasi yang berbeda, dekat dengan permukiman warga sudah ada drainase, listrik, dan akses jalan yang mudah.

Syarat mudah terjamin amanah, sudah 50+ pelanggan yang membeli tanah kavling di tempat kami. Pembayaran bisa cash dan kredit, tidak ada bunga, bebas denda, flat 5 tahun cicilan ringan.

Informasi lebih lanjut cek langsung hubungi kami melalui Whatsapp, konsultasi sama developer kavling profesional gratis!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *